Chapter 4:
Imperative sentences
English material for 9th grade
KOMPETENSI
DASAR
Aspek
Pengetahuan:
3.5 Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyuruh dan melarang melakukan
suatu tindakan/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya
Aspek
Keterampilan:
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang suruhan dan larangan melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan
mampu:
1. Mengidentifikasi fungsi sosial procedure text tulis
pendek sederhana.
2. Menyimpulkan fungsi sosial procedure text tulis
pendek sederhana.
3. Menyebutkan lisan dan tulis fungsi sosial procedure
text tulis pendek sederhana.
Introduction
Pernah kah kalian membaca resep masakan?
Pada saat kalian membeli sebuah handphone,
adakah buku manual petunjuk pemakaian?
Resep masakan dan buku manual petunjuk pemakaian handphone
adalah contoh Procedure Text yang dapat kita jumpai dalam
kehidupan sehari-hari.
Nah, pada materi pembelajaran kali ini, kalian akan
belajar bagaimana mengidentifikasi dan menyimpulkan fungsi sosial dari Procedure
Text tulis pendek dan sederhana.
Explanation
Kata kunci atau keyword yang berkaitan dengan Procedure
Text adalah kata “how to…” yang berarti “bagaimana cara…”.
Fungsi sosial Procedure Text adalah untuk menunjukkan atau menggambarkan
atau memberikan penjelasan bagaimana langkah atau cara untuk melakukan sesuatu. Dalam Bahasa Inggris
bisa kita simpulkan bahwa:
“The social function of Procedure Text is to
show/to describe/to explain (give explanation) how to do, how to make, or how
to operate something step-by-step.”
Tujuan komunikatif (communicative purpose) dari
Procedure Text bisa diartikan demikian:
· To show how to
make something (i.e banana cake, ice blend tea, etc)
· To show how to
do something (i.e play basket ball, kick a ball, play a kite, etc)
· To show how to
operate something (i.e a mobile phone, a laptop, a television, etc)
Nah,
harus diingat sekali lagi, tujuan setiap teks tentu saja berbeda. Sesuaikan
dengan konteksnya, sebagai contoh, apabila teks tersebut berkaitan dengan resep
masakan, jangan kalian menyimpulkan bahwa tujuan komunikatifnya “how to
operate…..”. Sesuaikan dengan konteks dari teks tersebut, apabila resep
masakan tentu saja berhubungan dengan “make something (kata
something mengacu pada objek)”.
Contoh:
Teks
yang berkaitan dengan resep yang berjudul “Resep Ayam Goreng”
Maka tujuan komunikatif (communicative
purpose)*) dari
teks tersebut adalah:
·
To
show how to make fried chicken.
Apabila berhubungan dengan fungsi sosial (social function) maka
jawabannya:
·
To
show how to make fried chicken;
·
To
describe how to make fried chicken; atau
·
To
explain/give explanation how to make fried chicken.
Harap diingat, keyword untuk Procedure Text adalah kata “how to…”
*) Tujuan komunikatif
selalu ditanyakan dalam setiap soal yang berkaitan dengan teks.
“What is the communicative
purpose of the text? / What is the purpose of the text?”
Pengertiannya
“Apa tujuan komunikatif / tujuan teks tersebut?”
Jawabannya berkaitan dengan fungsi sosial/tujuan komunikatif masing-masing teks.
No comments:
Post a Comment