Sunday 21 June 2020

Tutorial Google Classroom - Cara sederhana membuat kelas online

Halo Bapak Ibu Guru.. apakah masih ada yang merasa kesulitan menghadapi tahun ajaran yang baru ini seperti apa? Bagaimana mengikuti aturan dari Pemerintah agar kita bisa tetap memberikan tugas dan materi di rumah saja?
Nah, pada kesempatan kali ini.. sebagai kelanjutan dari postingan sebelumnya, kita akan belajar bagaimana cara menggunakan fitur dari Google. Ya.. yang dimaksud adalah Google Classroom. Ini adalah salah satu aplikasi besutan dari Google bagi Bapak Ibu Guru yang mau membuat kelas online baik secara pribadi maupun per-unit. Saya mengasumsikan bahwa Bapak Ibu Guru sudah memiliki alamat email (hari gini punya smartphone tapi ga punya email? malu dong, hehehe) dan akun Google yang aktif agar nantinya bisa mengakses fitur lain untuk pemberian materi, penugasan, rekap nilai, dan pelaporan hasil tugas peserta didik.
Bagaimana caranya? Sulitkah? Tentu saja tidak, Bapak Ibu Guru.. caranya mudah, silahkan Bapak Ibu Guru ikuti langkah-langkahnya:
1. Membuka halaman Google Classroom
Yang pertama yang harus Bapak Ibu Guru lakukan yaitu membuka halaman Google Classroom dari perangkat Bapak Ibu (PC, Laptop, Tablet, atau Smartphone) dengan membuka link ini.
Tampilan Google Classroom di smartphone seperti ini.

2. Membuat kelas
Bapak Ibu Guru bisa membuat beberapa kelas dengan cara klik ikon "+" (yang keterangannya create or join your first class).


Bisa Bapak Ibu Guru perhatikan gambar di atas, untuk membuat kelas Bapak Ibu Guru memilih "create class", kemudian beri tanda centang dan klik "continue". Setelah itu Bapak Ibu Guru isi kolom yang tersedia. Agar lebih sederhana, saya rasa cukup diisi nama kelas dan juga subject (nama mata pelajaran) saja.

3. Mengundang Peserta Didik "masuk" kelas
Perhatikan gambar berikut:

Pada gambar di atas, Bapak Ibu Guru bisa membagikan kode kelas kepada peserta didik agar mereka bisa masuk ke kelasnya masing-masing. Harap diingat, jangan sampai salah memasukan peserta didik ya Bapak Ibu Guru. Di sini juga peserta didik diharapkan memiliki email pribadi yang bisa diakses, agar kita bisa mengirimkan laporan hasil pembelajaran kepada peserta didik ke emailnya masing-masing. Kalau tidak mau repot bisa dikirim via WhatsApp.

4. Membagikan Pengumuman, Materi, dan Penugasan
Bapak Ibu Guru bisa membagikan materi/tugas kepada masing-masing kelas yang sudah Bapak Ibu Guru buat. Perhatikan gambar berikut:

Bapak Ibu Guru tinggal klik saja pada bagian yang saya lingkari dan muncul pop up Announcement. Pada bagian itu Bapak Ibu Guru bisa mengupload materi yang sudah Bapak Ibu Guru siapkan berupa link, pdf, atau doc. Bapak Ibu Guru juga bisa memberikan tugas lewat aplikasi Google Form untuk mempermudah penilaian.

Bagaimana Bapak Ibu Guru? Mudah kan? Selamat mencoba dan jangan takut berinovasi. Jangan lupa cumutaki (cuci muka tangan dan kaki), pakai masker apabila di luar rumah, jaga jarak, dan jaga kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment