Monday 22 June 2020

Aplikasi Discord - Kegiatan belajar sambil chatting dan video streaming

Halo Bapak Ibu Guru.. pernah menggunakan Zoom Meeting? Sempat terdengar isu yang tidak mengenakkan dari penggunaan aplikasi tersebut, tapi ternyata itu Hoax. Ya, pada dasarnya aplikasi zoom meeting adalah aplikasi untuk meeting atau pertemuan.. (ya kan sesuai namanya). Tapi bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran tatap muka secara online melalui video streaming.
Pada postingan kali ini, saya tidak akan membahas hal tersebut, saya akan membagikan sedikit informasi tentang aplikasi Discord. Aplikasi Discord adalah perpaduan dari fitur sharing, chatting for discussion, serta video meeting. Keren kan? Pada saat video meeting, Bapak Ibu Guru bisa memberikan penjelasan dengan menggunakan fitur ala "whiteboard" dimana Bapak Ibu Guru bisa memberikan penjelasan berupa Powerpoint atau tampilan media pembelajaran lainnya secara live streaming. Maksudnya, Bapak Ibu Guru bisa sambil ceramah memberikan penjelasan dan juga mengetik membuat catatan atau rangkuman di "papan tulis" untuk peserta didik. Sayangnya fitur video sharing seperti yang saya jelaskan di atas hanya bisa digunakan apabila Bapak Ibu menggunakan PC atau Laptop. Hal ini disebabkan terbatasnya fitur aplikasi Discord di tablet maupun smartphone.

Oh ya, Bapak Ibu bisa membagikan materi dan tugas yang nantinya bisa didiskusikan pada fitur "discussion" via chat lho.
Apabila Bapak Ibu Guru tertarik mencoba bisa akses situsnya di sini atau bagi yang menggunakan smartphone Android bisa download di sini lewat Playstore.

No comments:

Post a Comment