Thursday 18 June 2020

Aplikasi Soal Latihan-Ulangan via Online

Selama masa Pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran serta penilaian sedikit "terganggu", pada akhirnya Pemerintah mengupayakan agar Guru-guru bisa tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran via online. Mampukah Bapak Ibu Guru melaksanakannya? Adakah cara yang mudah?
Pernahkah Bapak Ibu Guru berpikir bagaimana cara untuk memberikan materi, soal latihan, maupun soal ulangan yang praktis?
Nah.. pada postingan kali ini, saya akan membagikan dua cara, silahkan memilih yang mana yang sesuai menurut Bapak Ibu Guru ya..
Ada beberapa aplikasi yang bisa Bapak Ibu gunakan:
1. Google Classroom (Klik di sini)
Aplikasi besutan Google ini bisa Bapak Ibu gunakan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan kelasnya masing-masing, selain itu Bapak Ibu juga bisa menggunakan Google Form untuk memberikan latihan soal untuk masing-masing kelas yang nantinya hasilnya bisa dibuka di Google Spreadsheet. Karena ini aplikasi besutan Google, jadi banyak kemudahan serta fasilitas yang bisa Bapak Ibu gunakan karena saya yakin, Bapak Ibu pasti memiliki alamat email dari Google. Bapak Ibu bisa memanfaatkan Google Drive untuk menyimpan materi, latihan soal-ulangan, dan rekap nilai. Kemudahan yang lain, Bapak Ibu tidak perlu repot membuat akun, karena sebagian besar Peserta Didik pasti memiliki akun Gmail, sehingga Bapak Ibu Guru tinggal mengundang Peserta Didik untuk "masuk" kelasnya masing-masing. Oh ya, aplikasi besutan Google ini tentu saja gratis, tapi jangan lupa untuk penyimpanan di Google Drive tentu saja terbatas. Bapak Ibu bisa melakukan ekspansi ruang penyimpanan dengan berlangganan.

2. Moodle (Klik di sini)
Aplikasi berikutnya adalah Moodle. Aplikasi ini yang sempat saya gunakan selama masa Pandemi Covid-19. Berbeda dengan Google Classroom, Bapak Ibu diharuskan membuat akun untuk Peserta Didik. Fasilitas yang dimiliki kurang lebih sama seperti Google Classroom. Perbedaannya yaitu Bapak Ibu cukup menyiapkan aktivitas pembelajaran di satu aplikasi saja, tidak harus berpindah antar aplikasi. Kekurangannya, untuk soal latihan, Bapak Ibu harus menggunakan aplikasi terpisah seperti Examview untuk mengetik soal. Soal tersebut nantinya harus diimpor di database Moodle. Selain itu Moodle menyediakan ruang penyimpanan berbayar bagi penggunanya. Aplikasi Moodle ini berbayar, walau sebenarnya melalui pihak ketiga kita bisa merasakan secara gratis.

3. Edmodo (Klik di sini)
Aplikasi yang mengintegrasikan sosial media dan kegiatan pembelajaran. Saya pernah menggunakan aplikasi ini dan banyak peserta didik yang merasa kesulitan karena sering lupa password yang sulit untuk diingat (karena akun otomatis dibuat oleh sistem), walaupun sebenarnya Peserta Didik bisa membuat akun sendiri dan kita tinggal mengundang mereka untuk masuk ke kelas yang sudah kita siapkan. Pada aplikasi ini kita juga bisa mengundang orang tua/wali untuk memantau aktivitas pembelajaran anak-anaknya lo.. Selain itu ada fitur chat dan vote yang bisa kita gunakan (di Moodle dan Classroom juga ada). Aplikasi ini gratis, dan tersedia versi mobile yang bisa didownload di playstore walau terbatas ya penggunaannya.

Pada dasarnya, sesuai kebutuhan, ketiga aplikasi di atas bisa Bapak Ibu Guru gunakan untuk kegiatan pembelajaran daring. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagaimana Bapak Ibu? Tertarik? Silahkan langsung kunjungi situs penyedia layanan aplikasi di atas.

No comments:

Post a Comment