Sunday 21 July 2019

Ulangan dengan smartphone

Sesuai judul di atas, hal ini sudah sangat lama terlintas di benak pikiran saya. Mengingat hampir semua peserta didik lebih dari 90% memiliki perangkat canggih berupa smartphone.
Baru pada tahun ajaran ini saya coba realisasikan. Kenapa baru sekarang? Karena saya perlu waktu untuk mempelajari dan bereksperimen.

Pada tahun sebelumnya saya menggunakan Edmodo dan bisa dibilang belum berhasil. Kendalanya adalah banyak anak yang lupa dengan username dan password yang saya berikan. Dan juga banyak yang tidak mengakses di rumah.

Atas dasar hal tersebut saya coba beberapa aplikasi CBT mulai dari yang berbasis Moodle. Ternyata untuk mengaksesnya saya memiliki  kendala pada perangkat pinjaman yang saya gunakan. Saya tidak mungkin menggunakan Lab Multimedia untuk melaksanakan ide yang ada di pikiran saya tersebut.
Mengingat proses pembelajaran Tahun Ajaran 2019/2020 sudah dimulai, maka saya menggunakan Plan B, yaitu memanfaatkan Google Form untuk penugasan maupun ulangan dan sudah diuji coba di kelas. Hal yang mereka perlukan hanyalah alamat email google yang pastinya mereka miliki semua.
Akhir kata, perencanaan ini tidaklah sempurna, semua proses pasti ada kendalanya dan tidak menutup kemungkinan untuk mencari alternatif lainnya berkaitan dengan proses pembelajaran berbasis IT.

No comments:

Post a Comment