Report text adalah salah jenis genre of text yang masuk kategori descriptive. Definisi report text itu sendiri adalah sebuah genre atau jenis teks yang berusaha menggambarkan sesuatu seperti benda, manusia, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya yang masih sangat umum.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang report text dan juga contohnya, alangkah baiknya jika kita memahami dulu kompetensi dasar dan indikator yang ingin dicapai.
Kompetensi Dasar:
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Kompetensi Dasar:
Aspek Pengetahuan:
3.13 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks
ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan
sosial, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran
lain di Kelas IX.
Aspek Keterampilan:
4.13 Menangkap makna dalam teks
ilmiah faktual (report) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait dengan
mata pelajaran lain di Kelas IX.Indikator Pencapaian Kompetensi:
IPK Penunjang:
1. Mengidentifikasi fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
2. Mengidentifikasi fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
3. Mengidentifikasi fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
4. Mengidentifikasi fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan peristiwa alam,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
5. Mengidentifikasi fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
6. Mengidentifikasi struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
7. Mengidentifikasi struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
8. Mengidentifikasi struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
9. Mengidentifikasi struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan peristiwa alam,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
10. Mengidentifikasi struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
11. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
12. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
13. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
14. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan
peristiwa alam, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di
pelajaran lain di Kelas IX.
15. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
16. Menganalisis fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
17. Menganalisis fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
18. Menganalisis fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
19. Menganalisis fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan peristiwa alam,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
20.
Menganalisis fungsi sosial teks faktual report dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
21. Menganalisis struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
22.
Menganalisis struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
23.
Menganalisis struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
24.
Menganalisis struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan peristiwa alam,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas
IX.
25.
Menganalisis struktur teks faktual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
26.
Menganalisis unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
27.
Menganalisis unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
28.
Menganalisis unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
29.
Menganalisis unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan
peristiwa alam, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di
pelajaran lain di Kelas IX.
30.
Menganalisis unsur kebahasaan teks faktual report dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
31.
Menyebutkan fungsi sosial teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
32.
Menyebutkan fungsi sosial teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
33.
Menyebutkan fungsi sosial teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
34.
Menyebutkan fungsi sosial teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan
peristiwa alam, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di
pelajaran lain di Kelas IX.
35.
Menyebutkan fungsi sosial teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
36. Menyebutkan struktur teks faktual report tulis dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
37. Menyebutkan struktur teks faktual report tulis dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
38. Menyebutkan struktur teks faktual report tulis dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
39. Menyebutkan struktur teks faktual report tulis dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan peristiwa alam,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
40. Menyebutkan struktur teks faktual report tulis dengan menyatakan
dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
41. Menyebutkan unsur kebahasaan teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
42. Menyebutkan unsur kebahasaan teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang binatang,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
43. Menyebutkan unsur kebahasaan teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang benda,
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di
Kelas IX.
44. Menyebutkan unsur kebahasaan teks faktual report tulis dengan
menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang gejala dan
peristiwa alam, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di
pelajaran lain di Kelas IX.
45. Menyebutkan unsur kebahasaan teks faktual
report tulis dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang sosial, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas IX.
Sekarang kita akan membahas tentang teks report mulai dari fungsi sosial, struktur, hingga unsur kebahasaannya:
Definisi:
“Report is a text which presents information about something, as it is.
It is as a result of systematic observation and analyses.” (Report
adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara
apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa
secara sistematis.)
Fungsi Sosial:
to give information or to inform about something in general.
Generic Structure:
General Clasification ; Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc which will be discussed in general (Menyatakan klasifikasi aspek umum hal; hewan, tempat umum, tanaman, dll yang akan dibahas secara umum).
Description : tells what the phenomenon under discussion ; in terms of parts, qualities, habits or behaviors. (Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.)
Language Features:
- Use of general nouns, eg hunting dogs, rather than particular nouns, eg our dog;
- Use of relating verbs to describe features, eg Molecules are tiny particles;
- Some use of action verbs when describing behaviour, eg Emus cannot fly;
- Use of timeless present tense to indicate usualness, eg Tropical cyclones always begin over the sea;
- Use of technical terms, eg Isobars are lines drawn on a weather map;
- Use of paragraphs with topic sentences to organise bundles of information; repeated naming of the topic as the beginning focus of the clause.
Contoh Report Text:
The Sumatran Rhinoceros (Dicerorhinus
Sumatrensis) is the smallest rhino species. It is also the most distinctive
rhinoceros. It has been hunted a lot that almost extinct. There are less than
300 Sumatran Rhinoceroses surviving in Malaysia and Indonesia. Between 1985 and
1995, the number of Sumatran Rhinoceros declined by 50% because of poaching and
habitat destruction.
The Sumatran Rhinoceros has a unique
gray or reddish-brown coat. It is believed to be the only survivor of the
lineage that included the wooly rhinoceros. Sumatran Rhinos stand up to 1.4 m
(4.6 ft) at the shoulder and weight up to 1,000 kg (2,200 lb). They have folded
skin, like the other Asian rhinos, except that is covered with coarse, bristly
hair. The Sumatran Rhinoceros is the only rhino in Asian with 2 horns. The
front horn is usually the longest, reaching a length of 90 cm (36 in) and the
rear one is sometimes so small that the animal looks as if it is single-horned.
They live mainly in forest-covered hills near water and are
known to be good at climbing slopes and swimming. They move mainly at night and
spend most of the day wallowing in the mud-holes and pools. Sumatran
Rhinoceroses usually feed on leaves, twigs, and fruits.
No comments:
Post a Comment