Friday 22 November 2019

Quizizz, diskusi peserta didik jaman now!

Siapa yang tidak mengenal quizizz, aplikasi quiz jaman now yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ya, aplikasi ini saya terapkan di kelas untuk kegiatan Team Game Tournament (TGT). Untuk keseruannya anda bisa tonton video berikut.

Pada kegiatan tersebut saya menggunakan system live scoring. Peserta didik bisa saling berdiskusi dengan anggota kelompoknya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di quizizz.Setiap soal memiliki batas waktu untuk menjawab, semakin mudah level soal, maka semakin singkat waktu pengerjaan dan diskusinya. Live score yang ditampilkan melalui LCD proyektor memacu semangat peserta didik untuk mengalahkan kelompok yang lainnya. Sayangnya ada beberapa kendala yang terjadi saat itu, ada beberapa kelompok yang secara tidak sengaja keluar dari game dan tidak bisa melanjutkan permainan.
Bagi guru-guru yang lain, ini adalah solusi menarik agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan serta mengasah kerjasama dalam berpikir. Peserta didik dapat menggunakan gadget mereka seperti smartphone dan laptop untuk mengerjakannya. Hal ini tentu saja membutuhkan akses jaringan internet yang memadai. Kebetulan pada saat pelaksanaan saya meminta peserta didik untuk membawa dan menggunakan smartphone pada masing-masing kelompok. Nilai hasil akhirnya bisa kita gunakan untuk penilaian harian peserta didik.

No comments:

Post a Comment