Saturday 15 June 2019

Belajar Bahasa Inggris dengan Google Translate

Saya seringkali tersenyum saat melihat bagaimana kacaunya susunan-susunan kalimat yang mereka tuliskan atau bahkan yang diketik sebagai bagian dari tugas yang saya berikan di kelas. Jawaban mereka sebagian besar adalah hasil dari Google Translate. Ya.. translation tool seperti Google Translate memang sangat membantu semua orang menterjemahkan kalimat hingga beberapa paragraf ke dalam bahasa tertentu, khususnya dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya. Tapi, tentu saja kita tidak bisa begitu saja berharap lebih pada translation tool seperti Google Translate. Kita tetap harus mengacu pada pola kalimat terstruktur agar terjemahannya dapat benar-benar sesuai dengan yang kita inginkan atau paling tidak mendekati.

Tapi seiring perkembangan jaman dan juga partisipasi dari berbagai pihak, kita bisa mengandalkan Google Translate untuk membantu tidak hanya untuk menterjemahkan, tetapi juga media belajar. Mengapa demikian, karena adanya aplikasi Text-to-Speech yang memungkinkan kita belajar pengucapan berdasarkan teks yang kita ketik di translation tool tersebut.
Dengan menggunakan gadget berbasis Android maupun IOS, kita juga bisa mendapatkan aplikasi pihak ketiga lainnya (gratis atau yang berbayar) yang berbasis Text-to-Speech seperti Google Translate yang dapat digunakan untuk belajar Bahasa Asing, khususnya Bahasa Inggris.

No comments:

Post a Comment