Sunday 12 May 2019

Home Recording: Solusi Rekaman Murah ala Rumahan

Apakah anda mau punya rekaman sendiri tapi tidak ada satu pun alat musik? Rental untuk recording yang bisa dibilang bagus tidak lah murah. Solusinya? Ya, rekam sendiri di rumah. Caranya gimana? Gampang.. yang penting punya Laptop/CPU. Lalu alat musiknya gimana? Kalau saya sebenarnya punya gitar bass sendiri, cuma keseringan cuma modal Virtual Instrument a.k.a Vst. Ada banyak Vst sesuai kebutuhan mulai dari Kontakt, MusicLab, XLN Audio, EZ Drummer, hingga Ample Sound.
Banyak Digital Audio Workstation (DAW) yang bisa kita gunakan mulai dari amatir sampai yang pro. DAW yang umum digunakan mulai dari Reaper, Cubase, Adobe Audition, FL Studio, Studio One, dll. Dua DAW yang saya sebutkan terakhir adalah yang paling sering saya gunakan. Biasanya saya gunakan FL Studio untuk "menggambar" komposisi musiknya. Lalu, saya menggunakan Studio One untuk Mixing dan Mastering.
Mungkin berikutnya akan saya posting tutorial menyusun komposisi musik menggunakan FL Studio.

No comments:

Post a Comment