Sunday 30 July 2023

Preposition of Place: In, On, At

Preposition dalam Bahasa Indonesia bermakna "kata depan". Preposisi biasanya diikuti oleh noun (kata benda), pronoun (kata ganti orang), atau gerund (kata kerja berakhiran -ing).

Salah satu dari sekian Preposisi dalam Bahasa Inggris yaitu Preposition of Place (Preposisi Tempat). Ada tiga kata depan untuk menyatakan alamat tempat tinggal yang akan kita bahas, yaitu in, on, dan at.

IN
Dalam konteks preposisi tempat, in digunakan untuk menunjukkan tempat yang umum, luas, dan tidak spesifik. Contohnya pada saat ada seseorang menanyakan alamat tempat tinggalmu, namun kamu tidak ingin orang tersebut mengetahui alamat tempat tinggalmu, atau saat kamu pergi ke luar kota dan seseorang menanyakan alamat tempat tinggalmu maka kamu dapat menjawab dengan menggunakan preposisi in seperti contoh berikut:
A: Hi, where do you live?
You: I live in Sampit.

Jadi pada intinya, kata in digunakan untuk menyebutkan tempat yang ruang lingkupnya luas dan tidak terperinci seperti untuk menyebutkan benua, negara, provinsi, atau area lainnya yang tidak spesifik.

ON
Dalam konteks preposisi tempat, on menunjukkan lokasi yang lebih spesifik dari in. On digunakan untuk menyebutkan nama jalan tanpa menyebutkan nomor rumahnya atau gang tempat tinggalnya. Contoh:
I live on S. Parman street.
My address is on A. Yani street.

AT
Preposisi at digunakan untuk menunjukkan lokasi yang paling spesifik dengan menyebutkan nomor rumah. Selain itu, kata at juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa kamu tinggal di tempat yang spesifik, misalnya di kompleks perumahan, hotel, asrama, kos, atau apartemen.
Contoh:
I live at 17 S. Parman street. (Saya tinggal di Jalan S. Parman No. 17.)
My address is at A. Yani street No. 23. (Alamat saya di Jalan A. Yani No. 23.)

Bagaimana menyebutkan alamat tempat tinggal dengan menyebutkan gang tempat tinggal?
Pada perkenalan diri, untuk menyebutkan alamat tempat tinggal bisa dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
Contoh:
I live at Jalan S. Parman, Gang Semangka, Number 17.
atau
I live at A. Yani street, 3rd Alleyway Manggis, Number 23. (Saya tinggal di Jalan A. Yani, Gang Manggis 3, No. 23.)

Pada dasarnya, untuk memperkenalkan diri, seseorang cukup menyebutkan nama jalan saja, tanpa menyebutkan secara spesifik alamat tempat tinggalnya. Jadi, gunakanlah preposisi on dalam memperkenalkan diri kepada orang lain.

Selain itu, ada perbedaan untuk menjawab pertanyaan "Where do you live?"
Jika kamu memang tinggal di areal tersebut, gunakanlah kata "live", tapi apabila kamu hanya tinggal di areal tersebut yang bersifat sementara (menumpang/kos/asrama) maka dapat menggunakan kata "stay".
Contoh:
I live at Perumnas, HM Arsyad street.
I stay at Don Bosco dormitory, S. Parman street.

No comments:

Post a Comment