Wednesday 25 March 2020

Dampak Covid-19

Wabah virus Corona a.k.a Covid-19 memberikan dampak ke berbagai sektor dalam suatu negara, khususnya Indonesia. Salah satunya adalah sektor pendidikan, dimana saat ini kegiatan belajar mengajar di non-aktifkan di sekolah. Pemerintah memberikan instruksi agar peserta didik dan tenaga pengajar dirumahkan dan dihimbau untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah dengan berbagai metode, baik penugasan mandiri maupun daring. Tidak terkecuali sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya SMP Katolik Santo Albertus.
Mengenai informasi yang didapat, kegiatan belajar mengajar yang seharusnya "diliburkan" selama 14 hari mulai dari tanggal 17 Maret hingga 31 Maret mungkin akan diperpanjang hingga bulan Mei hingga wabah virus Corona dapat diatasi proses penularannya dan menekan jumlah korban.
Kepala SMP Katolik Santo Albertus menghimbau kepada guru-guru mapel memberikan penugasan kepada peserta didik agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana, grup WA kelas pun berperan di sini. Guru-guru mapel dapat memberikan penugasan kepada peserta didik untuk dikerjakan dan dikumpulkan melalui WA pribadi sehingga guru dapat memeriksa tugas dan memberikan penilaian.
Permasalahannya adalah, pada saat peserta didik yang jumlahnya ratusan mengirimkan jawaban, tentu guru akan merasa kesulitan untuk memeriksa dan menilai tugas per-peserta didik. Belum lagi notifikasi yang tercampur dari WA grup keluarga, rekan kerja, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tentu saja mengganggu. Bagaimana solusinya?
Tentu saja di era yang serba canggih kita sebagai guru bisa menggunakan layanan canggih yang tersedia secara gratis dengan menggunakan Google Classroom, Rumah Belajar, hingga Moodle. Semuanya berbasis LMS (Learning Management System) yang dapat mengakomodasi banyak user/peserta didik dan dapat memberikan penugasan dan penilaian secara sistematis dan otomatis. Semua situs layanan LMS tersebut bisa diakses dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan gadget yang dimiliki, baik berupa Notebook/Netbook, Laptop, CPU, Smartphone, dan Tablet.
Nah, bagi peserta didik SMP Katolik Santo Albertus Sampit yang saat ini diberikan penugasan di rumah, bisa masuk ke akun masing-masing yang sudah saya sediakan pada masing-masing link, silahkan klik link di bawah sesuai kelasnya dan mengakses akunnya masing-masing bagi yang dapat melakukan kegiatan penugasan melalui daring (online). Sedangkan bagi peserta didik yang tidak bisa mengakses dan mengerjakan secara daring bisa mengerjakan secara manual.

Link User:
Untuk tutorialnya bisa di buka klik di sini
Untuk masuk ke LMS klik di sini

No comments:

Post a Comment